10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Yang Sudah Lama

Diposting pada

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Yang Sudah Lama bisa menggunakan obat alternatif alami yang bisa anda buat sendiri dirumah. Tidak hanya berasal dari bumbu dapur saja, melainkan terdapat pula jenis tanaman yang memang sangat mudah didapat pada lingkungan sekitar. Nah, seperti apa saja bahan-bahan tersebut? Bagaimana cara membuat dan menggunakan? Berikut beberapa tips sederhana yang bisa anda terapkan agar bekas luka bakar pada kulit anda tersamarkan. Agar tidak menambah penasaran, mari langsung saja kita pada topik.

Yuk Lihat Juga : Apakah Kuku Copot Bisa Tumbuh Lagi?

Luka bakar merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh sebagian orang. Entah itu yang disebabkan oleh knalpot, terkena api, karet, atau benda panas lain yang bisa membakar kulit. Dan hal tersebut meninmbulkan yang bekasnya sangat sulit dihilangkan. Tidak sedikit pula yang mengeluh karena sudah mencoba beberapa treatmen namun tetap saja bekas tersebut tidak hilang. Dan bagaimana cara agar bekas luka bakar hitam bekas knalpot tersebut bisa kembali putih seperti semula? Untuk menjawabnya kami sudah menyediakan beberapa treatmen sederhana yang siapa tahu salah satunya bisa membantu menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Yang Sudah Lama

Ada begitu banyak bahan kosmetik yang bisa anda beli atau peroleh dari toko. Namun kesemuanya terkadang tidak cocok bagi setiap kalangan atau bahkan hanya berlaku pada jenis kulit tertentu. Maka dari itu banyak juga kalangan orang yang mencari alternatif sehingga kulit hitam bekas luka bakar bisa diatasi. Pada postingan sebelumnya kami juga sudah pernah menjawab tentang cara memudarkan bekas luka operasi caesar. Dan disitu banyak ditemukan bahan alternatif yang bisa anda gunakan sebelum menerapkan jenis kosmetik yang berbahan kimia. Apa anda percaya bahwa bekas luka bakar bisa dihilangkan dalam seminggu? Mungkin anda patut mencoba semua bahan dibawah ini!

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Yang Sudah Lama

1. Menghilangkan Bekas Luka Bakar Dengan Daun Mint
Bahan dasar yang satu ini mungkin tidak bisa diperoleh dengan mudah. Sebab tidak semua wilayah bisa menemukannya. Daun mempunyai sifat mendinginkan dimana fungsinya untuk memberikan sensasi sejuk pada kulit dan ampuh untuk membantu menjaga kelembapan kulit. Meski terbilang sangat sederhana, namun daun mint ini terbukti sangat efektif untuk memudarkan bekas luka pada kulit. Cara penerapan diantaranya :

  • Siapkan beberapa lembar daun mint (secukupnya), kemudian cuci sampai bersih.
  • Haluskan daun mint hingga membentuk gel atau pasta lembut.
  • Bubuhkan pada area kulit yang terdapat bekas luka hingga mengering.
  • Bilas dengan air hingga bersih. Agar hasil maksimal, lakukan secara rutin.

2. Menyamarkan Bekas Luka Bakar Dengan Madu
Meski tidak anda sadari, namun madu merupakan salah satu bahan alami yang sangat ampuh untuk menjaga kesehatan maupun kecantikan kulit. Manfaat dasar ialah untuk memelihara kelembapan kulit namun berdampak pula untuk menghilangkan bekas luka bakar yang sudah lama bahkan menahun. Bagaimana cara menggunakannya? Sederhana saja!

  • Siapkan madu asli dan oleskan pada area kulit yang ingin diobati.
  • Diamkan hingga mengering denga sendirinya atau paling tidak selama kurang lebih 30 menit.
  • Lakukan secara rutin minimal 2x sehari agar hasil lebih maksimal.
  • Sangat baik pula jika digunakan malam hari sebelum anda tidur.

3. Memudarkan Bekas Luka Bakar Dengan Mentimun
Sayur yang satu ini memang tidak pernah luput dari perawatan kecantikan khususnya kulit. Fungsi utama ialah sebagai antioksidan yang berperan untuk menjaga ketahanan kulit, serta kandungan mineral yang mampu menghidrasi kulit sehingga tidak kering. Jika ditelaah lebih lanjut, mentimun juga mampu mengencangkan kulit dan menunda proses penuaan dini. Bagaimana cara menerapkan pada bekas luka bakar? Berikut langkah-langkahnya!

  • Sediakan buah mentimun secukupnya (sesuai kebutuhan agar tidak ada yang dibuang).
  • Iris dan haluskan hingga membentuk gel atau pasta.
  • Bubuhkan pada area kulit yang terdapat bekas luka dan diamkan sekitar 20 menit / sampai mengering.
  • Bilas dan lakukan secara rutin minimal 2x sehari.

4. Mengatasi Bekas Luka Bakar Dengan Lidah Buaya
Selain bisa menyamarkan bekas luka, lidah buaya juga mempunyai peranan penting dalam menghilangkan strechmark, menghilangkan jerawat, mengenyalkan kulit dan lain sebagainya. Lidah buaya berfungsi untuk membantu pembentukan sel baru pada kulit sehingga bisa dibilang bisa meregenerasi sel kulit yang rusak. Untuk menerapkan gel lidah buaya pada bekas luka diantaranya :

  • Ambil daging lidah buaya kemudian haluskan hingga membentuk gel.
  • Oleskan pada area bekas luka dan didiamkan hingga mengering.
  • Lakukan secara rutin hingga bekas luka bakar berangsur memudar.

5. Menghilangkan Bekas Luka Bakar Dengan Mengkudu
Mengkudu mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi terjadinya peradangan pada kulit. Selain itu kemampuan regenerasi sel kulit pada mengkudu juga bisa mengganti kulit rusak yang disebabkan oleh luka bakar. Cara penerapan ialah :

  • Siapkan buah mengkudu yang sudah matang (berwarna putih).
  • Cuci bersih dan haluskan hingga berbentuk gel.
  • Balurkan pada bekas luka hingga merata dan didiamkan hingga mengering.
  • Lakukan secara rutin paling tidak 2 hingga 3x seminggu.

Yuk Simak Juga : Cara Membuat Masker Mentimun Paling Sederhana

6. Menyamarkan Bekas Luka Bakar Dengan Daun Pare
Pare merupakan salah satu jenis sayur yang mempunyai citarasa unik dan mempunyai manfaat yang cukup baik dalam dunia kesehatan. Tapi dibalik semua itu, daun dari sayur pare bisa di alih fungsikan sebagai obat terapi untuk  meredakan warna hitam yang ditinggalkan oleh bekas luka bakar. Cara penerapan bisa anda lakukan dengan :

  • Ambil beberapa lembar daun pare kemudian haluskan hingga bertekstur lembut.
  • Agar hasil lebih optimal, seduh daun pare halus dengan sedikit air panas.
  • Selanjutnya bisa dioleskan pada bekas luka dan biarkan hingga mengering dengan sendirinya.

7. Memudarkan Bekas Luka Bakar Dengan Minyak Zaitun
Jika diketahui lebih detail, manfaat minyak zaitun tidak berbeda jauh dengan madu ataupun bahan lain yang mempunyai kegunaan sebagai pelembab alami. Fungsi ini sekaligus berperan untuk melindungi kulit dari kerusakan, menunda penuaan dini dan lain sebagainya. Cara penerapan ialah :

  • Oleskan minyak zaitun pada area kulit yang terdapat bekas luka.
  • Tungu hingga mengering dengan sendirinya, bisa juga sebelum anda tidur.
  • Lakukan secara rutin 2 hingga 3x sehari.

8. Mengatasi Bekas Luka Bakar Dengan Minyak Mawar
Minyak atau air mawar mempunyai multi fungsi yang salah satunya bisa digunakan untuk memudarkan bekas luka tidak terkecuali luka bakar. Apalagi bekas luka tersebut yang sudah lama dan menghitam. Cara menggunakan ialah :

  • Usapkan minyak mawar pada bekas luka secara merata.
  • Lakukan pemijatan halus hingga minyak tersebut meresap sempurna.
  • Untuk hasil optimal, anda bisa melakukan secara rutin 2 hingga 3x sehari.

9. Menghilangkan Bekas Luka Bakar Dengan Lemon Atau Jeruk Nipis
Lemon atau juga jeruk nipis mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang cukup baik dalam menjaga kesehatan kulit. Terlebih lagi sifat membersihkan pada dua jenis sitrus ini sangat cocok untuk memelihara kulit dan mengangkat sel kulit mati yang masih menempel. Agar kulit hitam akibat luka bakar bisa hilang, berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan :

  • Pertama siapkan air perasan jeruk nipis atau lemon secukupnya.
  • Usapkan menggunakan kapas halus pada kulit yang hitam.
  • Tunggu hingga mengering sebelum dibilas.
  • Lakukan secara rutin hingga bekas luka benar-benar pudar.

10. Menyamarkan Bekas Luka Bakar Dengan Teh Hijau
Sama halnya dengan bahan lain, dalam teh hijau terdapat antioksidan alami yang kemampuannya sangat tinggi. Jika dibandingkan, mungkin efek positif yang anda dapat bisa 200 kali lebih kuat dibanding dengan penggunaan vitamin E. Untuk menghilangkan bekas luka dengan teh hijau :

  • Siapkan ampas atau bisa juga teh hijau yang sudah diseduh.
  • Kompreskan pada area kulit yang terdapat bekas luka.
  • Lakukan secara rutin setiap hari.

Selain dari 10 bahan yang sudah kami sebutkan diatas, masih banyak lagi alternatif lain yang bisa anda gunakan seperti miyak akar manis, vitamin E, vaseline, silikon, cocoa butter, bawang putih dan lain sebagainya. Untuk penerapan, anda bisa mengira-ngira sendiri sesuai dengan kebutuhan. Dan tentunya anda bisa membuat atau bahkan menggunakannya sendiri dirumah.

Yuk Baca Juga : 10 Cara Memerahkan Bibir Hitam Karena Rokok

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum pada 10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Yang Sudah Lama. Semoga bisa menjadi salah satu referensi yang memang benar-benar anda butuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *