17 Cara Mengempiskan Mata Bintitan Dengan Cepat

Diposting pada

Ada begitu banyak kata yang dicari orang di Google, beberapa diantaranya ialah : Cara Mengatasi Mata Bintitan, Cara Mengobati Mata Bintitan, Cara Mengempiskan Mata Bintitan, Cara Menyembuhkan Mata Bintitan atau bahkan ada juga yang menggunakan bahasa daerah dengan sebutan timbilen. Hal itu membuktikan bahwa masih banyak juga yang mengalami penyakit mata yang satu ini. Dan untuk menjawab semua kata kunci pencarian tersebut, kami sudah merangkum beberapa langkah mudah yang tentunya akan sangat membantu dalam mengatasi masalah bintilen yang sudah anda alami. Seperti apa rincian tersebut? Berikut selengkapnya untuk anda!

Yuk Lihat : 7 Manfaat Masker Pare Untuk Kulit Wajah

Sebelum anda beranjak pada bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati bintitan, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu kenapa bintitan tersebut muncul. Sebab tanpa diketahui penyebab, mungkin anda tidak akan bisa melakukan pencegahan yang nantinya pasti akan membuat anda menyesal. Menyembuhkan bintitan tidak hanya membutuhkan waktu semalam, karena guna menghilangkan bintitan secara total, anda harus lebih sabar dan kalau sudah parah alangkah lebih baik jika segera dikonsultasikan dengan dokter.

17 Cara Mengempiskan Mata Bintitan Dengan Cepat

Bititan merupakan suatu benjolan dengan warna merah, keras dan sakit bila disentuh. Munculnya benjolan ini biasanya pada area mata. Entah itu pada kelopak bagian atas atau bisa juga diarea bawah mata. Meski bentuknya hampir menyerupai jerawat, namun penanganan yang harus anda ambil sangatlah berbeda serta membutuhkan obat yang sesuai agat bentelan benar-benar cepat mengempis.

Apa Itu Mata Bintitan? Secara medis gejala penyakit yang terdapat pada mata ini dikenal dengan sebutan hordeolum. Hal ini terjadi karena adanya sebuah infeksi atau peradangan yang menyerang bagian kelopak mata. Sedangkan untuk penyebab pada umumnya ditimbulkan oleh bakteri staphylococcus aureus.

Apa Penyebab Mata Bintitan? Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bintilen terjadi karena suatu infeksi yang disebabkan oleh kuman. Namun bintilan juga bisa timbul karena beberapa faktor yang mencakup kebersihan mata, adanya debu dan kotoran, terlalu sering mengucek mata, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai (kadaluarsa), lupa membersihkan make up dimalam hari, peradangan pada kelopak mata (blefaritis), dan juga bisa pula dipicu oleh penggunaan lensa kontak pada saat tangan tidak steril (kotor).

Apa saja gejala yang ditimbulkan mata bintitan? Dilansir dari berbagai sumber di internet, ada gejala-gejala yang mungkin saja muncul. Beberapa diantaranya ialah : mata memerah, sering berair, kelopak mata membengkak, dan umumnya bisa diketahui dengan anda benjolan dan terasa sangat sakit jika terkena sentuhan. Pada awalnya mungkin benjolan dalam ukuran kecil, tapi semakin lama akan membesar serta mengakibatkan mata terasa gatal, sulit berkedip, mengeluarkan cairan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Seperti Apa Jenis Bintitan? Dengan melihat ciri diatas yaitu terjadi peradangan yang berupa benjolan kemerahan, bintilan terbagi dalam dua jenis yaitu bintitan interna dan juga bintitan eksterna.

  1. Bintian Interna : Merupakan jenis bintitan yang terjadi pada bagian kelenjar meibom. Seperti namanya (interna), jenis ini mengarah pada selaput bagian dalam dari mata.
  2. Bintitan Eksterna : Jenis ini mengarah pada bagian luar mata dan terjadi pada area kelenjar zeis dan moll. Benjolan yang muncul terdapat pada kelopak mata luar.

Bagaimana cara mengobati mata bintitan yang super cepat? Nah, jika anda berkonsultasi dengan dokter, mungkin dengan pengamatan yang lebih tepat, maka anda akan diberikan resep obat yang sesuai sehingga penyembuhan yang dilakukan akan lebih optimal. Pada umumnya ahli akan menunjukkan obat dengan berbagai pilihan yang terdiri dari salep dan juga tablet. Adapun nama-nama obat kimia untuk mata bintitan tersebut berupa : Amoxicillin, Cendo Tobroson, Ciprofloxacin, Occulentum Whale Brand, dan Polydex Tetes.

Yuk Simak : Cara Melembabkan Kulit Wajah Dengan Minyak Zaitun

Meski begitu, ada pula beberapa pengobatan alternatif yang bisa anda peroleh dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada pada lingkungan sekitar. Dengan begitu anda akan mempunyai lebih banyak pilihan penyembuhan sehingga tidak hanya memaksimalkan anjuran dari dokter. Bahan-bahan alami yang bisa anda terapkan ialah :

1. Mengompres Dengan Air Hangat
Air hangat mempunyai peranan penting dalam mengempiskan radang (bengkak) yang disebabkan oleh mata bintitan. Hal ini tentunya akan sangat mendukung dalam mempercepat proses penyembuhan. Selain itu air hangat juga mampu merelaksasi kulit dan mengurangi nyeri yang ditimbulkan. Langkah penerapan :

  • Siapkan air hangat secukupnya dan bisa juga dipadukan dengan sedikit garam dapur.
  • Celupkan handuk bersih dan lembut pada air kemudian tempelkan pada area bintitan.
  • Lakukan pengompresan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.
  • Sebisa mungkin hindarkan air mengenai bola mata secara langsung.
  • Agar hasil lebih optimal, lakukan treatmen ini sebanyak 2x sehari.

2. Memanfaatkan Daun Sirih
Kandungan antioksidan daun sirih memberikan sifat anti-bakteri yang cukup baik dalam meminimalkan adanya infeksi lanjutan pada mata bintitan. Selain itu daun sirih juga sangat menjanjikan dalam mempercepat proses pengobatan sehingga mata anda akan lebih sehat terbebas dari bintilan. Cara penerapan :

  • Sediakan daun sirih secukupnya (sekitar 3 hingga 5 helai).
  • Rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih dan didiamkan hingga hangat.
  • Selanjutnya gunakan handuk halus untuk membantu pengompresan pada mata.
  • Bisa juga digunakan sebagai obat tetes namun harus didinginkan terlebih dahulu.
  • Agar hasil maksimal, lakukan 2x sehari hingga sembuh.

3. Menerapkan Bawang Putih
Sama halnya dengan daun sirih, bawang putih juga mempunyai sifat anti-bakteri yang sangat baik untuk mengobati mata bintitan. Terlebih dari itu, bawang putih juga mempunyai sifat hangat yang mampu mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh bintilan. Langkah penerapan ialah :

  • Siapkan bawang putih secukupnya kemudian dihaluskan (bisa di blender atau diulek).
  • Bersihkan mata terlebih dahulu dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.
  • Bubuhkan bawang putih halus pada area bintilen dan jangan sampai mengenai bola mata.
  • Tunggu beberapa saat hingga bubuhan bawang putih meresap sempurna. Treatmen ini bisa didiamkan selama 10 hingga 15 menit.
  • Bersihkan mata dengan air hangat dan keringkan.
  • Untuk hasil yang lebih baik, lakukan secara rutin 2x sehari.

4. Menggunakan Kantung Teh
Teh sisa yang biasanya anda buang ternyata bisa digunakan untuk merelaksasi mata dan tentunya juga membantu proses penyembuhan mata bintitan. Hal perlu anda lakukan ialah :

  • Siapkan kantung teh bekas yang sudah dingin.
  • Tempelkan pada mata (dikhususkan pada area yang terdapat bintilen).
  • Diamkan hingga selama kurang lebih 15 menit.
  • Bilas dan lakukan secara rutin dan berkala 2x sehari.

5. Menerapkan Tetes Mata
Obat tetes yang digunakan haruslah sesuai dengan anjuran yang sudah diberikan oleh dokter. Tujuan dari obat tetes ini ialah untuk membersihkan mata dari kotoran yang masih menempel pada mata. Namun penggunaan obat tetes akan sangat berbeda pada setiap individu. Ada yang bilang cepat sembuh, tapi ada pula yang semakin parah karena kuman penyebab mata bintitan semakin menyebar.

6. Menghindari Kontak Langsung Dengan Bintilen
Pada umumnya mata bintitan akan menyebabkan rasa gatal, nyeri, dan lain sebagainya. Hal ini yang biasanya secara tidak sengaja memanncing orang untuk menyentuh atau bahkan menggaruknya. Jika keadaan tangan anda masih steril mungkin dampak yang ditimbulkan ringan-ringan saja. Namun bagaimana jika tangan anda kotor? Tentu semuanya akan menambah parah atau bahkan infeksi yang terjadi semakin berkelanjutan.

Pada dasarnya meski tidak melakukan pengobatan, mata bintitan akan sembuh dengan sendirinya dengan rentang waktu sekitar 7 hingga 20 hari. Namun dampak atau efek yang ditimbulkan sangat tidak nyaman dan bahkan mengurangi rasa percaya diri terhadap penampilan. Berikut beberapa tips yang mungkin akan sangat membantu dalam melakukan pencegahan terhadap mata bintitan. Simak baik-baik ya!

  1. Jaga kebersihan wajah dengan rajin mencuci muka. Jika anda muslim sudah terbayar dengan mengambil wudhu’
  2. Jangan suka menggosok mata, jika merasa gatal diusahakan menyentuh dengan lembut.
  3. Gunakanlah kosmetik yang sesuai dengan anda, hindari pula kosmetik yang sudah kadaluarsa.
  4. Budayakan menjaga kebersihan tangan jika anda sering menyentuh mata, potonglah kuku secara rutin guna meminimalkan penumpukan bakteri.
  5. Gunakanlah pengaman jika anda keluar rumah (bepergian) dengan berkaca mata.
  6. Jika anda mengunakan lensa kontak, usahakan disterilkan terlebih dahulu.

Yuk Baca : Manfaat Kulit Pisang Untuk Jerawat

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami tulis, semoga artikel 17 Cara Mengempiskan Mata Bintitan Dengan Cepat ini mempu menjadi referensi bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *