Cara Mengobati Jerawat Fulminans

Diposting pada

Cara Mengobati Jerawat Fulminans sebenarnya hampir sama persis dengan jenis jerawat yang lain. Namun yang membuat berbeda ialah penggunaan bahan khusus yang tentunya perlu terlebih dahulu dikonsultasikan dengan dokter agar penanganan yang anda ambil lebih tepat dan optimal. Tapi, apa ada obat alternatif untuk menyembuhkan jerawat fulminans? Nah, mungkin rangkuman singkat yang sudah kami sediakan ini bisa sedikit membantu dan memberikan semua jawaban atas pertanyaan yang anda ingin ketahui.

Jerawat Fulminans atau yang juga dikenal dengan ulseratif adalah jenis jerawat yang sudah tergolong dalam kategori akut. Timbulnya jerawat ini bisa secara tiba-tiba dan terkadang bisa muncul dengan cepat dan berkembang dengan pesat pada seluruh area wajah dan tubuh. Jika anda tidak paham akan berbagai penyebab jerawat, mungkin masalah ini menjadi hal yang rumit serta membutuhkan wejangan dari orang yang lebih paham seperti dokter atau ahli kecantikan lainnya.

Cara Mengobati Jerawat Fulminans

Jika anda mengalami jerawat yang termasuk dalam jenis fulminans, maka kemungkinan akan juga mengalami rasa nyeri, sakit, peradangan yang parah, dan terkait pula pada pembengkakan kelenjar getah bening, penurunan berat badan yang ekstrim, serta otot-otot tubuh akan menjadi kaku. Hal ini karena fulminans bisa merusak sel-sel tubuh dan mengalami jenis peradangan yang dekstruktif yang bisa menyebabkan gangguan pada sistem pertahanan tubuh serta menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti Nyeri sendi dan juga pinggul.

(Yuk Lihat Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Akibat KB)

Pengobatan secara umum, sudah sepatutnya jika anda periksakan kedokter sehingga bisa diketahui secara betul tingkat keparahan jerawat. Dengan dokter akan memberikan jenis obat-obatan khusus sehingga bakteri yang berkembang tidak bisa lagi tumbuh dan bahkan bisa mati. Fulminans memang jenis jerawat pada wajah yang sangat berbahaya, namun biasanya dokter akan memberikan obat berupa Isotretinon dan juga steroid oral yang fungsinya sebagai pencegah dan mengontrol pertumbuhan bakteri selaku penyebab jerawat tersebut.

Bagaimana cara menghilangkan Jerawat Fulminans Pada wajah? Sebelum anda terlanjur mengalami jenis jerawat paling berbahaya ini, ada baiknya jika melakukan pencegahan terlebih dahulu. Hal ini tentunya akan lebih ringan jika anda memperhatikan segala hal dalam kehidupan sehari-hari. Adapun langkah-langkah agar kulit khususnya wajah anda tetap terawat, berikut beberapa tips dalam mencegah wajah tetap bersih, cantik dan bersih dari jerawat.

1. Mencuci Wajah Secara Rutin
Sangat perlu anda ketahui, faktor kebersihan merupakan kunci penting dalam menjaga wajah anda tetap terlihat cantik berseri secara alami. Lakukan pembersihan paling tidak sehari 2 kali dengan membasuh wajah menggunakan air bersih. Tidak perlu menggunakan bahan bantuan apapun jika anda terbatas oleh dana untuk membeli kosmetik yang harganya relatif mahal. Mencuci wajah akan membersihkan kuman atau bakteri yang menempel pada kulit yang proses awal ialah membilas dengan air kemudian dikeringkan menggunakan handuk halus. Hal ini sangat baik anda lakukan ketika hendak tidur ataupun sehabis beraktifitas dalam kehidupan sehari-hari yang anda lakukan diluar rumah.

2. Istirahat Yang Cukup
Jika anda seseorang yang gemar akan tidur yang larut malam, maka sudah sangat lazim jika wajah anda ditumbuhi oleh jerawat. Hal ini karena pola hidup yang kurang sehat akan menjadi salah satu pemicu dari munculnya jerawat dan juga sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Begadang akan membuat metabolisme tubuh menjadi tidak maksimal dan menganggu regenerasi sel-sel kulit sehingga berjalan tidak sebagaimana mestinya. Kunci untuk mengurangi jerawat ialah dengan beristirahat cukup, tidur lebih awal dan juga usahakan dilakukan secara rutin.

3. Perbanyak Konsumsi Buah Dan Sayur
Sayur dan buah mengandung banyak serat yang bisa melancarkan semua metabolisme tubuh. Salah satunya ialah melancarkan sistem pencernaan yang baik untuk mencegah penumpukan racun, dan juga melancarkan keluarnya keringat yang bisa untuk membuka pori dan membuang kotoran yang menutupi sela pori tersebut. Dengan asupan serat yang cukup, tubuh akan lebih sehat dan juga meminimalisir adanya jerawat pada wajah.

4. Memperbanyak Konsumsi Air putih
Masih terkait dengan sistem metabolisme tubuh, air putih berguna sebagai pembersih radikal bebas dan racun yang terdapat dalam tubuh. Selain melancarkan sistem pencernaan dan alat ekskresi, air putih akan membuat tubuh terhindar dari darah kotor. Pada akhirnya sirkulasi darah akan lebih lancar dan wajah serta kulit tetap lembab serta tidak kering.

5. Meminimalisir Konsumsi Gula
Jenis makanan yang banyak mengandung gula bisa saja berupa cokelat, minuman bersoda, biskuit dan masih banyak lagi makanan manis yang bahan bakunya terbuat dari gula. Jika gula dikonsumsi secara berlebihan oleh tubuh, maka kadar insulin dalam darah akan meningkat dan memicu hormon endrogen selaku penyebab kulit menjadi berminyak. Hal ini sudah diteliti dan dinyatakan ileh Goward Murad dimana kadar minyak berlebih pada kulit salah satunya disebabkan oleh konsumsi gula dalam skala yang tidak normal.

6. Hindari Stres
Ternyata stres bisa menjadi salah satu penyebab dari timbulnya jerawat pada wajah. Hal ini pasti sudah anda pahami sewaktu mengalami tekanan otak khususnya ketika hendal menghadapi ujian atau tugas dari guru yang menuntut untuk berpikir lebih berat. Dalam keadaan tersebut biasanya wajah akan mencul jerawat dan serta dibarengi juga dengan hal-hal lain yang terkait dengan wajah. Tips sederhana yang bisa anda lakukan ialah berusaha lebih santai serta menghadapi semua masalah dengan pikiran yang lebih ringan.

Jika sudah mengetahui cara sederhana melakukan pencegahan jerawat diatas, tentunya masih akan muncul pertanyaan lain yang terkait dengan obat alternatif dari bahan alami yang bisa mengatasi jerawat fulminans. Nah, sebagai pelengkap jenis obat-obatan yang diberikan oleh dokter, mungkin bahan-bahan alami berikut bisa mempercepat proses penyembuhan jerawat yang sedang anda lakukan.

Bahan Alami Dan Cara Mengobati Jerawat Fulminans
Ada begitu banyak jenis obat herbal untuk mengobati jerawat. Hal ini juga sudah pernah kami bahas sebelumnya dan mungkin anda bisa membacanya terlebih dahulu. Herba yang bisa anda gunakan sangatlah sederhana, seperti yang sudah kami rangkum. Berikut selengkapnya!


1. Jeruk Nipis Atau Jeruk Lemon
Kedua buah ini sangat kaya akan vitamin C yang kegunaannya cukup baik sebagai antioksidan dan serta bisa membersihkan wajah dari kotoran berupa debu dan juga minyak. Cara penerapan cukup mengambil air perasan salah satu jeruk (jeruk nipis atau lemon) kemudian oleskan pada wajah dengan kapas hingga merata pada seluruh area yang terdapat jerawat. Tunggu beberapa saat dan bilas wajah anda hingga bersih.

2. Bawang Putih
Bahan yang sangat familiar sebagai bumbu dapur ini mempunyai sifat anti-bakteri yang fungsinya sangat cocok diterapkan pada wajah. Masker bawang putih mempunyai manfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga tidak menimbulkan radang yang lebih parah. Cara membuat cukup dengan menghaluskan bawang putih kemudian ditapalkan pada wajah sebagai masker.

3. Madu
Yang dimaksud disini adalah madu asli yang bukan merupakan olahan pabrik. Madu sangat membantu dalam mengurangi radang serta menjaga kelembapan kulit lebih maksimal. Untuk menggunakan ialah mengoleskan langsung madu pada wajah dan didiamkan hingga meresap sebelum dibilas. (Selengkapnya baca : Cara Mengobati Jerawat Dengan Madu)

Sebenarnya masih banyak lagi jenis obat lain yang bisa anda terapkan sebagai alternatif. Kenapa memilih bahan alami? Karena lebih aman dan tanpa efek samping. Selain itu masker dari herba alami akan membuat wajah lebih cerah, tidak butuh biaya mahal, dan juga aman meskipun digunakan dalam jangka waktu panjang.

(Yuk Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Ekstrim)

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengobati Jerawat Fulminans. Sebenarnya tingkat jerawat ini membutuhkan penanganan khusus. Jadi sebelum anda melakukan hal-hal atau tindakan pengobatan yang diluar kategori medis. Mungkin harus dibicarakan atau meminta saran dari dokter terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *